Pengertian Literasi TIK

always-connected--gadget-addiction

Literasi TIK adalah Kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan atau jaringan dalam Mendefinisikan(Define), Mengakses(Access), Mengelola(Manage), mengintergrasikan(integrate), Mengevaluasi(evaluate), Menciptakan (create) and Mengkomunikasikan(communicate) Informasi secara baik dan legal  dalam rangka membangun masyarakat berpengathuan.

Manajemen Berbasis ICT
     Sistem informasi dapat mengubah bisnis. Bisnis yang menggunakan ICT ( telepon , PC dan email) akan berjalan dengan lebih intensif lebih produktif , tumbuh lebih cepat , berinvestasi lebih banyak , dan lebih menguntungkan. 

Peranan ICT

     Keunggulan kompetitif : memberi kinerja lebih baik, menanggapi pelanggan dan pemasok secara real time. Contoh : Apple, Walmart , UPS

TIK untuk pembangunan
  Dalam rangka mendorong penggunaan produktif dan inklusif TIK, Pemerintah perlu membuat hukum , kerangka kelembagaan dan kebijakan dan menghasilkan keterampilan yang diperlukan dalam pemerintahan , bisnis dan masyarakat sipil . Dampak pada pertumbuhan ekonomi yaitu kecepatan konektivitas internet tinggi, dan ICT bisa lebih umum digunakan oleh individu ,bisnis , pemerintah dan masyarakat.

Sejarah Komputer  
  Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang dalam bahasa Inggris berarti compute atau to compute atau computer. Komputer mulai digunakan dalam bahasa inggris tahun 1646 waktu itu dipakai untuk menyebut orang yang menghitung. Kemudian menjelang tahun 1897,
barulah kata computer digunakan sebagai sebutan untuk ‘alat hitung mekanis’. Pada tahun 1841Difference Engine mencapai puncaknya setelah Babbage menciptakan versi terakhir yang diberi nama mesin penganalisis (Analytical Engine) berkat jasa Charles Babbage ia disebut sebagai bapak komputer. 

Sejarah perkembangan komputer dibagi menjadi empat generasi yaitu :

  1. Generasi Pertama dibuat untuk keperluan militer semata menggunakan tabung hampa udara
  2. Generasi Kedua mulai menggunakan transitor di tahun 1956
  3. Generasi Ketiga komponen yang dipakai adalah IC (Integrated Circuits) yang terdiri atasratusan atau ribuan transistor berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits.
  4. Generasi Keempat sudah dipasarkan secara bebas,komputernya sudah menggunakan PC,ada yang berbentuk sistem grafis dan teks

 

Leave a comment